MASIHKAH REMAJA TERTARIK PADA PERTANIAN ?

Menurut Van Aasten dalam Juliet ( 2014 ), Agriculture di gunakan manusia untuk memperoleh hasil yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau hewan. Pertanian dalam arti luas ( Agriculture ), dari sudut pandang bahasa ( etimologi ) terdiri antar dua kata, yaitu Agri/Ager yang berarti tanah dan cultuire atau colere yang berarti pengelolahan. Jadi pertanian dalam arti luas di artikan sebagai kegiatan pengelolahan tanah. Pengelolahan ini di maksudkan untuk kepentingan kahidupan tanaman dan hewan. Sedangkan tanah di gunakan sebagai wadah/tempat kegiatan pengelolahan tersebut.

Tanah yang subur adalah tanah yang apabila di tanami tumbuhan/tanaman bisa memberi hasil yang banyak berupa produksi daun, batang, buah atau umbi. Secara umum pengertian dari pertanian adalah suatu kegiatan manusia yang termasuk di dalamnya yaitu bercocok tanam, peternakan, perikanan dan juga kehutanan. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat di Negeri Indonesia adalah sebagai petani, sehingga sektor pertanian sangat penting untuk dikembangkan di negara kita.
 
Indonesia adalah negara yang kaya akan sumberdaya alamnya. Indonesia dekenal sebagai negara agraris yang akan tanaman pertaniannya. Misalanya Indonesia menjadi negara impor beras yang cukup besar di sisi lain jumlah kemiskinan di Indonesia akan semakin tinggi sehinggan akan semakin banyak orang yang kelaparan dan angka kematian pun akan meningkat. Salah satu solusi yang sedang marak beredar sekarang ini adalah melalui pertanian organik. Pertanian organik adalah teknik budidaya yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintesi. Tujuan utama pertanian organik adalah untuk menyediakan produk-produk pertania, terutama bahan pangan yang aman bagi para konsumen. Petani mandiri harus dapat mengelolah pupuk alami yang berasal dari ternak hewan tanpa harus menunggu yang datang dari pemerintah. Pupuk organik ini terbilang lebih aman karena tidak bercampur dengan bahan-bahan kimia berbahaya bagi para konsumen.

Perkembangan teknologi di indonesia yang di dalamnya di terapkan teknologi pertanian baik tekonologi sederhana maupun teknologi mutakhir. Teknologi pertanian pada dasarnya adalah suatu penerapan prinsip-prinsip matematika dan sains dalam rangka pendayagunaan sumber daya pertanian dan sumber daya alam secara ekonomis untuk kesejahteraan manusia. Selain itu, ilmu dan teknologi pertanian secara luas mencakup berbagai penerapan ilmu yang terfokus pada budidaya, pemeliharaan, pemanenan, peningkatan mutu hasil panen, penanganan, pengamanan hasil, dan pemasaran hasil sebagai objek formal ilmu pertanian.

Jadi untuk mengatasi masalah ini tentunya akan melibatkan berbagai pihak. Mulai dari pemerintah, petani, sampai generasi muda yang mampu memberikan inovasi dan solusi bagi masalah yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan bagi para remaja khususnya melalui mahasiswa penerus bangsa yang bergerak dibidang pertanian untuk teus mengembangkannya agar rakyat Indonesia menjadi makmur dan sejahtera.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MASIHKAH REMAJA TERTARIK PADA PERTANIAN ?"

Posting Komentar