Cara, Niat dan Doa Sholat Tahajud

Pengertian Sholat Sunah Tahajud sendiri adalah Sholat Sunah yang dikerjakan pada waktu malam sedikitnya 2 (dua) Raka’at dan sebanyak – banyaknya tidak terbatas dan masing – masing di 2 Raka’at dibarengi dengan salam. Adapun Waktu Mengerjakan Sholat Tahajud dikerjakan setelah mengerjakan Sholat Isya sampai terbit fajar yang hanya bisa di lakukan di malam hari. Sholat Tahajud ini hanya bisa dilakukan dimalam hari selepas Sholat Isya dengan syarat harus tidur dulu atau selepas tidur, walaupun tidur itu hanya sebentaar saja.

Jadi apabila anda mengerjakan Sholat Tahajud tanpa tidur terlebih dahulu maka Sholat anda tersebut bukan Sholat Sunah Tahajud melainkan Sholat – Sholat Sunah saja seperti Sholat Sunah Witir atau sebagainya.

Waktu Sholat Tahajud Sendiri dikerjakaan malam hari setelah Sholat Isya sampai masuk waktu Sholat Shubuh. Waktu Sholat Tahajud yg paling utama bisa dibagi menjadi 3 (tiga) sepanjang malam yg antara lain :
  • Sepertiga Pertama ialah yang kira – kira dari jam 19.00 malam sampai dengan jam 22.00 malam.
  • Waktu Sepertiga Kedua ialah kira – kira dari jam 22.00 malam sampai dengan jam 01.00 pagi.
  • Waktu Sepertiga Ketiga ialah waktu kira – kira dari jam 01.00 pagi sampai dengan sebelum masuknya waktu shubuh (Waktu yang paling sangat utama).
Menurut Hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi, ” Perintah Allah Turun ke langit dunia diwaktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru : Adakah orang – orang yang memohon (Berdoa) pasti akan kukabulkan, adalah orang yang meminta, pasti akan kuberi dan adalah yg mengharap / memohon ampunan, pasti akan kuampuni baginya, sampai tiba waktu sholat subuh ”.

Keutamaan Sholat Tahajud dan pentingnya Sholat Sunah Tahajud ini terdapat di dalam Firman Allah SWT yang berbunyi, ” Hendaknya engkau gunakan sebagian waktu malam itu untuk Shalat Tahajud, sebagai Shalat Sunah untuk dirimu dan mudah mudahan tuhan akan membangkitkan engkau dengan kedudukan yang baik (S. Bani Israil ; 79) ”.

Cara Mengerjakan Sholat Tahajud ini masih sama dengan mengerjakan Sholat – Sholat pada umumnya baik dalam Sholat Wajib maupun Sholat Sunah. Cara Sholat Tahajud sendiri diawali dengan Bacaan Niat Sholat, membaca Surat Al Fatihah, Membaca Surat- surat, lalu Ruku, I’tidal, kemudaian Sujud dan yang terakhir Salam. Adapun Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Doa Sholat Tahajud sudah saya buat dibawah ini sehingga anda bisa membaca dan menghafalkannya untuk di amalkan dirumah. 

Niat Sholat Tahajud dan Doa Sholat Setelah Tahajud

Niat Sholat Tahajud





artinya :
Aku niat Sholat Sunah Tahajud dua Raka’at karena Allah Ta’ala

Setelah anda membaca Niat Sholat Sunah Tahajud anda tinggal membaca Surat Al Fatihah, lalu Surat - surat lain untuk Raka’at pertama dan Raka’at kedua seperti mengerjakan Sholat biasa yang diawali dengan Niat sampai Salam.

Doa Setelah Sholat Tahajud
Setelah anda selesai mengerjakan Shalat Tahajud maka dianjurkan anda membaca Doa Sholat Tahajud Dzikir seperti Istighfar, Shalawat Nabi Muhammad Saw, lalu Tahmid dan Tasbih karena ber-Dzikir sangat berguna untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt sehingga anda semakin dicintai dan disayangi oleh Allah Swt.
Bacaan Doa Shalat Tahajud Istighfar diatas sebaiknya dibacakan sebanyak banyaknya atau minimal 32 kali sampai 100 kali setelah itu dilanjutkan dengan membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW.


Membaca Doa Sholat Tahajud Dzikir Shalawat Nabi sebanyak 32 kali, setelah itu tinggal dilanjut membaca Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud seperti dibawah ini.


Artinya:
"Ya Allah, segala puji bagimu. Engkau-lah (Allah) penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagimulah segala puji, Engkau (Allah) Raja penguasa langit dan bumi. Bagimu-lah (Allah) segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagimu-lah (Allah) segala puji, Engkau-lah (Allah) yang hak dan janjimu adalah benar dan perjumpaanmu itu adalah hak dan firmanmu adalah benar, dan surga adalah hak dan Neraka adalah hak dan Nabi – Nabi itu hak benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar, dan saat hari Kiamat itu benar. Ya Allah kepadamulah kami berserah diri (bertawakal) kepada Engkau jualah kami kembali dan kepadamulah kami rindu dan kepada engkaulah kami Berhukum.

Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan yang sebelumnya baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yg terakhir, Tiada Tuhan melainkan Engkau Allah Rabbul  Alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah".

Setelah selesai mengerjakan Sholat Sunah Tahajud dan Berdoa Setelah Shalat Tahajud lalu anda bisa beranjak tidur lagi dan sebelum tidur sebaiknya anda membaca Surat Yasin, Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas yg bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan atau anda bisa membaca Al Qur’an sambil menunggu datangnya Waktu Shalat Subuh.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara, Niat dan Doa Sholat Tahajud"

Posting Komentar