MEMILIKI TUBUH IDEAL DAN BEROTOT

Menurut Paune (1983) dalam maria della strada balun (2013) Sehat adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri ( self care resources ) yang menjamin tindakan untuk perawatan diri (self care action) merupakan pengetahuan ketrampilan dan sikap. Self care action merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukan untuk memperoleh, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi psikososial dan spiritual.

Menurut Dr John Berardi (2013), seorang dokter yang ahli di bidang kebugaran, ada beberapa kesalahan umum dalam pembentukan otot tubuh.


Beberapa Alasan Tubuh Anda Tidak Kunjung Berotot
1.      Kurang Makan
Jika tubuh anda tidak berotot seperti yang anda inginkan, bisa jadi anda tidak makan dengan cukup. Pada orang yang kurus, metabolisme lebih cepat dibandingkan orang-orang pada umumnya. Untuk mengatasi cepatnya metabolisme yang terjadi, anda disarankan untuk makan lebih banyak daripada biasanya. Namun demikian, makanan yang dikonsumsi juga harus tepat dan tidak sembarangan.

2.      Tidak konsisten dengan program latihan
Salah satu kesalahan mengapa tubuh anda tidak kunjung berotot bisa dikarenakan tidak konsistennya anda terhadap program latihan yang dijalankan. Kebanyakan orang tidak mendapatkan hasil maksimal karena mereka kurang sabar dan kurang fokus terhadap latihan yang dijalankan. Anda harus konsisten terhadap program latihan anda setidaknya selama 2 bulan.

3.      Mengumpulkan terlalu banyak informasi
Mulailah dengan melakukan pergi ke tempat fitnes untuk menjalani program latihan pembentukan otot. Hindari diri sementara waktu dari membaca majalah, buku, artikel online tentang kebugaran selama 7 hari penuh. Setelah itu, ke depannya luangkanlah waktu seminggu sekali untuk membaca artikel kebugaran. Dengan begitu, sebagian besar waktu anda tidak akan dihabiskan untuk membaca, melainkan berolahraga.

4.      Tidak mengukur kemajuan
Ketidakberhasilan seseorang untuk mendapatkan hasil maksimal dalam pembentukan otot tubuh adalah karena tidak mengukur perubahan dan kemajuan (progress) yang terjadi selama latihan. Mereka yang sukses mendapatkan tubuh yang berotot adalah mereka yang rajin dalam mengukur perubahan dan kemajuan yang dialaminya, bahkan mereka juga mengukur hal-hal yang detil mulai dari ukuran beban pada angkat berat hingga jumlah makanan yang mereka konsumsi.Anda disarankan untuk mencatat mengenai perubahan atau kemajuan sekecil apapaun selama proses latihan, mulai dari perubahan beban angkat berat, perubahan otot, berat badan, dan sebagainya.

5.      Tidak mempunyai pelatih
Seorang pelatih ibarat guru yang berkapasitas untuk mengajarkan suatu pelajaran terhadap muridnya. Tanpa adanya pelatih, anda tidak akan tahu bagaimana membangun otot, membentuk perut agar six-pack dengan benar. Alih-alih sukses mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan, yang ada anda malah frustasi, tidak konsisten, dan akhirnya menyerah di tengah jalan. Oleh sebab itu carilah pelatih atau teman yang ahli di bidang ini untuk membantu anda mendapatkan tubuh yang diinginkan.

Kebanyakan pria kurus berpikir ketidakmampuan mereka untuk mendapatkan massa otot yang ideal disebabkan oleh kurang kerasnya latihan yang mereka jalani. Faktanya, kebanyakan dari mereka berlatih terlalu keras tanpa diimbangi dengan istirahat dan asupan makanan yang cukup. Anda dapat merangsang pertumbuhan otot hanya dengan sedikit latihan, selama latihan yang Anda jalani mengikutsertakan sebanyak mungkin serat otot melalui beban yang berat. Tidur delapan jam per malam sangat penting untuk pelepasan hormon pertumbuhan, lebih baik lagi jika Anda bisa mendapatkan tidur siang setiap harinya. Di sela-sela latihan Anda dapat memijat otot-otot agar memperlancar alirah darah. 

Mempunyai tubuh dengan tinggi dan berat yang ideal adalah hal yang di inginkan banyak orang, karena dengan begitu Anda hanya tinggal satu langkah lagi membentuk tubuh atletis. Dengan tubuh yang atletis, maka kita bisa mendapatkan berbagai keuntungan, yaitu enak dipandang dan menambah kepercayaan orang yang memilikinya.

Membuat badan berotot memerlukan usaha dan komitmen yang sepenuh hati, karena harus melewati proses panjang untuk mencapainya. Kalau Anda saat ini sudah memiliki berat badan yang ideal, tetapi tinggi badan masih kurang. Maka lakukanlah olahraga yang bisa merangsang pertumbuhan badan, konsumsi makanan dan minuman yang penuh gizi. Jika Anda saat ini sudah memiliki tinggi badan yang ideal, tetapi memiliki berat badan yang terlalu berat, maka lakukanlah olahraga yang bisa menurunkan berat badan Anda yaitu jenis olahraga kardio, serta lakukan diet sehat demi tujuan anda itu semua yang diterapkan oleh Bapak H. Zainal Abidin (2012).

Jadi jika anda bermaksud memiliki tubuh yang ideal dan berotot bias terbilang sangat mudah untuk dilakukan, Cuma membutuhkan kesabaran dan rutinitas untuk melakukannya. Memiliki tubuh ideal bukan tidak mungkin, semua itu tergantung kepada siapa yang menjalani.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MEMILIKI TUBUH IDEAL DAN BEROTOT"

Posting Komentar